dc.description.abstract |
ABSTRAK
Giffaria Hafizha, 2021. “Pengembangan Buku Ilmiah Populer Poaceae di Rawa
Mangrove Sungai Bakau terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Tesis,
Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat.
Pembimbing: (I) Dr. Dharmono, M.Si dan (II) Dr. Atiek Winarti, M.Pd, M.Sc
Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran
dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Media pembelajaran yang baik bahkan
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Oleh sebab itu perlu
dikembangkan buku ilmiah populer yang menarik, jelas dan mudah dipahami oleh
pembaca, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan buku ilmiah populer Poaceae di rawa mangrove Sungai Bakau dalam
mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembangan
meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan.
Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk menguji validitas buku ilmiah populer Poaceae
di Rawa Mangrove Sungai Bakau, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 3 mahasiswa
untuk uji kelompok kecil dan 15 mahasiswa untuk uji lapangan. Teknis analisis data
dilakukan sesuai dengan tujuan dari penelitian yang meliputi validitas, kepraktisan,
dan keefektifan buku ilmiah populer yang dianalisis berdasarkan data dilapangan.
Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer yang telah dikembangkan pada uji
validasi diperoleh nilai rata-rata 87,18?ngan kriteria sangat valid dan hasil uji
perorangan diperoleh nilai rata-rata 89,74?ngan kriteria sangat baik. Kepraktisan
harapan dan aktual buku ilmiah populer masing-masing sebesar 95,33?n 90,27?ngan kriteria sangat praktis. Buku ilmiah populer yang dikembangkan dinyatakan
efektif digunakan berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang
mengalami peningkatan pada keefektifan uji kelompok kecil (harapan) dengan nilai
rata-rata 61,8% meningkat menjadi 82,6?ngan kategori sangat efektif dan pada uji
lapangan (aktual) mendapatkan nilai rata-rata 66,1% meningkat menjadi 87,9?ngan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain
sebesar 0,6 yang berada pada kriteria sedang. Berdasarkan pernyataan diatas dapat
disimpulkan bahwa BIP yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.
Kata kunci: Validitas, Kepraktisan, Keefektifan, dan Buku Ilmiah Populer. |
|