Repo Mhs ULM

Pengembangan Buku Ilmiah Populer Poaceae di Rawa Mangrove Sungai Bakau terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor.author Giffaria Hafizha
dc.date.accessioned 2022-03-23T08:05:25Z
dc.date.available 2022-03-23T08:05:25Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29258
dc.description.abstract ABSTRAK Giffaria Hafizha, 2021. “Pengembangan Buku Ilmiah Populer Poaceae di Rawa Mangrove Sungai Bakau terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Dharmono, M.Si dan (II) Dr. Atiek Winarti, M.Pd, M.Sc Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Media pembelajaran yang baik bahkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Oleh sebab itu perlu dikembangkan buku ilmiah populer yang menarik, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku ilmiah populer Poaceae di rawa mangrove Sungai Bakau dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan. Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk menguji validitas buku ilmiah populer Poaceae di Rawa Mangrove Sungai Bakau, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 3 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 15 mahasiswa untuk uji lapangan. Teknis analisis data dilakukan sesuai dengan tujuan dari penelitian yang meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan buku ilmiah populer yang dianalisis berdasarkan data dilapangan. Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer yang telah dikembangkan pada uji validasi diperoleh nilai rata-rata 87,18?ngan kriteria sangat valid dan hasil uji perorangan diperoleh nilai rata-rata 89,74?ngan kriteria sangat baik. Kepraktisan harapan dan aktual buku ilmiah populer masing-masing sebesar 95,33?n 90,27?ngan kriteria sangat praktis. Buku ilmiah populer yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang mengalami peningkatan pada keefektifan uji kelompok kecil (harapan) dengan nilai rata-rata 61,8% meningkat menjadi 82,6?ngan kategori sangat efektif dan pada uji lapangan (aktual) mendapatkan nilai rata-rata 66,1% meningkat menjadi 87,9?ngan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6 yang berada pada kriteria sedang. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa BIP yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kata kunci: Validitas, Kepraktisan, Keefektifan, dan Buku Ilmiah Populer.
dc.title Pengembangan Buku Ilmiah Populer Poaceae di Rawa Mangrove Sungai Bakau terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account