dc.description.abstract |
Modul sekolah Hijau (Green School) merupakan sekolah yang memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan Untuk seluruh aktivitas sekolah dan sekaligus menjadi wahana implementasi dari nilai-nilai pendidikan karakter pada seluruh mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Modul sekolah Hijau (Green School) terhadap keterampilan kinerja ilmiah siswa yang valid, praktis dan efektif. Meteode yang dignakan Untuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan teknik evaluasi formatif Tessmer. Data dianalisa secara deskriptif terhadap validitas, kepraktisan dan keefektifan Modul. Hasil penelitian menunjukan Modul sekolah Hijau (Green School) yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli, Kepraktisan isi Modul sekolah Hijau ini dinyatakan sangat praktis, Kepraktiasan harapan dan aktual keduanya dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil respon siswa dan keterlaksanaan modul. Keefektifan Small Group (harapan) dan aktual (Field test) didapatkan nilai dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6 yang berada pada kriteria N-gain sedang. Berdasarkan hasil dari pengembangan modul, maka diharapkan dapat digunakan Untuk pembelajaran untuk melatih keterampilan kinerja ilmiah siswa. |
|