Repo Mhs ULM

Pengembangan Buku Ilmiah Populer Kupu-Kupu di Kawasan Hutan Mangrove Sungai Bakau terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Show simple item record

dc.contributor.author Devy Dwi Rahayu
dc.date.accessioned 2022-03-23T08:58:53Z
dc.date.available 2022-03-23T08:58:53Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/29655
dc.description.abstract ABSTRAK Devy Dwi Rahayu, 2021. “Pengembangan Buku Ilmiah Populer Kupu-Kupu di Kawasan Hutan Mangrove Sungai Bakau terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Dharmono, M.Si dan (II) Dr. Dra. Hj. Rusmiati, M.Si Terbatasnya sumber belajar yang inovatif dan mudah dipahami mahasiswa yang memuat materi berbasis potensi lokal dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Sumber belajar yang dikembangkan berdasarkan potensi lokal suatu daerah dan mengarah pada penggunaan pembelajaran langsung sehingga penggunaan buku ilmiah popular merupakan salah satu sumber belajar yang dapat meningktakan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan buku ilmiah populer kupu-kupu di kawasan hutan mangrove Desa Sungai Bakau terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek uji coba penelitian adalah 3 pakar pembelajaran biologi, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 3 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 15 mahasiswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai 94,60%, sedangkan berdasarkan uji perorangan buku ilmiah populer ini dinyatakan sangat baik dengan nilai 88,10%. Buku ilmiah populer dinyatakan praktis karena hasil respon mahasiswa sebesar 90,67?ngan kriteria sangat praktis, hasil keterlaksanaan Buku ilmiah populer rata-rata 88,89?nga kriteria sangat baik. Buku ilmiah populer yang dikembangkan dinyatakan efektif karena peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata nilai 88,30?ngan kriteria sangat baik dan peningkatan keterampilan berpikir kritis sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi, sehingga buku ilmiah ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Kata kunci: penelitian pengembangan, buku ilmiah populer, kupu-kupu, kemampuan berpikir kritis
dc.title Pengembangan Buku Ilmiah Populer Kupu-Kupu di Kawasan Hutan Mangrove Sungai Bakau terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account