Repo Mhs ULM

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DENGAN PENERAPAN PRINSIP 6 BENAR DALAM PEMBERIAN OBAT (Study di Istalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru)

Show simple item record

dc.contributor.author Firda Rosa Meliyani
dc.date.accessioned 2022-03-23T10:07:28Z
dc.date.available 2022-03-23T10:07:28Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/30212
dc.description.abstract Latar Belakang: Prinsip 6 benar merupakan standar prosedur operasional pemberian obat dengan menerapkan 6 benar, yaitu benar obat, benar dosis, benar pasien, benar cara pemberian, benar waktu pemberian dan benar dokumentasi. Motivasi kerja perawat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip 6 benar dalam pemberian obat. Tujuan: Mengetahui hubungan motivasi kerja perawat dengan penerapan prinsip 6 benar dalam pemberian obat di instalasi rawat inap RSD Idaman Kota Banjarbaru. Metode: Desain penelitian menggunakan cross sectional melibatkan 76 perawat pelaksana dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square (Continuity Correction). Hasil: Terdapat hubungan antara motivasi kerja perawat dengan penerapan prinsip 6 benar dalam pemberian obat di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru (p-value= 0,020). Pembahasan: Prinsip 6 benar merupakan standar prosedur operasional pemberian obat dengan menerapkan 6 benar, yaitu benar obat, benar dosis, benar pasien, benar cara pemberian, benar waktu pemberian dan benar dokumentasi. salah satu faktor yang mempengaruhi penerapan prinsip 6 benar yaitu motivasi kerja. Motivasi merupakan suatu dorongan yang timbul dalam diri seseorang pada saat melakukan suatu hal. Hasil korelasi dalam penelitian ini motivasi kerja perawat dapat mempengaruhi penerapan prinsip 6 benar dalam pemberian obat. Di sarankan pihak rumah sakit dapat meningkatkan motivasi kerja perawat, agar perawat lebih bersemangat dalam menerapkan prinsip 6 benar dalam pemberian obat yang dapat mencegah kesalahan pemberian obat (medication error). Kata kunci: Motivasi kerja, penerapan prinsip 6 benar, perawat
dc.title HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DENGAN PENERAPAN PRINSIP 6 BENAR DALAM PEMBERIAN OBAT (Study di Istalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account