dc.description.abstract |
ABSTRAK
Auliya Pratama Putri. 1710411620004, 2021, “Kinerja Pegawai
Puskesmas Kereng Pangi Dalam Memberikan Pelayanan Kepada
Masyarkat”. Dibimbing oleh Erma Ariyani.
Kinerja merupakan kemampuan individu atau organisasi dalam
melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya dan menghasilkan prestasi
kerja yang bagus. Kinerja Pegawai dapat diartikan sebagai hasil kerja
pegwai yang berkualitas dan berkuantitas serta bertanggung jawab dan tepat
waktu. Kinerja pegawai Puskesmas dalam memberikan pelayanan dinilai
sudah cukup bagus tetapi masih harus ditingkatkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana Kinerja Pegawai
Puskesmas Kereng Pangi dalam Memberikan Pelayanan Kepada
Masyarakat di Wilayah Kerjanya.
Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif,
dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informan pada penelitian ini
yaitu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Puskesmas Kereng Pangi dan beberapa
masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kereng Pangi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data sampai dengan
menarik kesimpulan dari data yang terkumpul.
Hasil penelitian menunjukkan kinerja pegawai sudah cukup bagus.
Hanya perlu perbaikan dan peningkatan dari sisi kecepatan waktu pelayanan
dan sikap pegawai yang harus lebih ramah ketika memberikan pelayanan.
Saran untuk pegawai Puskesmas Kereng Pangi apabila ingin kinerja
yang dimiliki terus meningkat adalah dengan menanamkan rasa malu untuk
datang terlambat dan menunjukkan sikap yang ramah kepada masyarakat.
Kata kunci : Kinerja, Pelayanan, Puskesmas |
|