Repo Mhs ULM

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING  UNTUK  MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTABARU MATERI SUHU DAN KALOR

Show simple item record

dc.contributor.author Reyza Kurniawan Saputra
dc.date.accessioned 2022-06-16T06:59:08Z
dc.date.available 2022-06-16T06:59:08Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/32507
dc.description.abstract Rendahnya keterampilan proses sains siswa disebabkan mereka kurang dilatihkan kegiatan penyelidikan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Kotabaru menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui instrumen pengamatan dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: (1) Keterlaksanaan RPP pada setiap siklus memperoleh kriteria sangat baik; (2) Keterampilan proses sains siswa meningkat dari kriteria cukup terampil menjadi terampil; (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa semula 43,75% menjadi 96,87%. Diperoleh simpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Kotabaru. Kegiatan prioritas guru adalah memakimalkan motivasi, permasalahan yang diselidiki, bimbingan tiap langkah pembelajaran serta umpan balik kepada siswa.
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING  UNTUK  MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTABARU MATERI SUHU DAN KALOR


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account