Repo Mhs ULM

Implementasi Program LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Pada Masa Pandemi Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Ruly Akbar
dc.date.accessioned 2022-06-16T07:29:23Z
dc.date.available 2022-06-16T07:29:23Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/32744
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisis terkait proses serta kendala yang dihadapi dalam Implementasi Program LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin) Pada Masa Pandemi Covid-19. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, studi kasus. Ada beberapa tokoh yang menjadi informan, diantaranya Admin Program LAPOR, pihak dari pengelola pelayanan publik pemerintah kota Banjarmasin, pihak dari Ombudsman dan perwakilan masyarakat sekitar kota Banjarmasin. Teknik mengumpulkan data diperoleh dari hasil observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data terdiri atas Tiga tahap, Pertama peneliti melakukan Reduksi Data, Kedua melakukan penyajian data dan Ketiga membuat kesimpulan dari hasil penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi program LAPOR di masa Pandemi kurang berjalan optimal, hal ini disebabkan karena kurangnya anggaran yang berdampak pada sistem operasional aplikasi program LAPOR yang sering error, selain itu fasilitas penunjang untuk masyarakat dan operator program seperti alat komunikasi (Komputer dan Handphone) dan ruangan yang memadai belum sepenuhnya disediakan. Sehingga masyarakat pun kurang antusias dalam mengaplikasikan. Kemudian masih sering terjadinya kesalahan prosedur pelaksanaan program pelaporan antara pihak birokrat dengan tim pengelolah (Eksekutor Program), hal ini juga disebabkan karena jaringan akun operator yang sering error. Untuk saran terkait penelitian ini agar Pemerintah kota Banjarmasin atau pihak berwenang dapat kembali mengalokasikan dana untuk memperbaiki kualitas akun online program LAPOR. Pemerintah juga dapat memaksimalkan penyediaan sarana dan prasarana seperti Handphone dan komputer yang berguna sebagai alat pengaduan online bagi masyarakat yang tidak mempunyai alat komunikasi) untuk mengajukan pengaduan online secara online. Selain itu masyarakat diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu tentang implementasi program LAPOR di masa Pandemi. Dalam implementasi program LAPOR, masyarakat juga diharapkan lebih tertib administrasi serta bersikap jeli terhadap pengaduan yang dilaporkan, agar tidak terjadi kesalahan tentang isi keluhan yang semestinya dilaporkan ke LAPOR. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Program LAPOR and Pandemi Covid-19.
dc.title Implementasi Program LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Pada Masa Pandemi Covid-19


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account