dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep pada materi ajar usaha dan energi pada peserta didik Man Se Kota Banjarmasin, mendeskripsikan tingkat miskonsepsi materi ajar usaha dan energi pada peserta didik, dan mendestrifsikan apa saja bentuk miskonsepsi peserta didik dalam belajar fisika pada materi ajar usaha dan energi. Dimana subjek sampel penelitian ini berjumlah 75 peserta didik menggunakan tes diagnostik empat tingkat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan four tier diagnostic test dimana tes ini berupa soal pilihan ganda yang disertai keyakinan jawaban dan alasan jawaban serta keyakinan alasan jawaban. Dari hasil jawaban peserta didik akan dikelompokkan berdasarkan kategori paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi, dan error. Dari hasil jawaban peserta didik diperoleh hasil yaitu, pemahaman konsep peserta didik dengan skor perolehan rata-rata sebesar 62,69 dalam kategori baik, dengan deviasi standar sebesar 17,67. Sedangkan miskonsepsi yang terjadi pada penelitian ini sebesar 19,38% yang tergolong kategori rendah. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik berasal dari dalam diri peserta didik yang keliru dengan konsepsi awal yang dimilikinya dan dari luar diri peserta didik yaitu pada sumber belajar dan tenaga pendidik. Diharapkan para tenaga pendidik dapat menganalisis konsepsi awal peserta didik agar miskonsepsi dapat ditindaklanjuti lebih awal.
Kata Kunci : Miskonsepsi, tes diagnostik empat tingkat, usaha dan energi |
|