Abstract:
Modul elektronik dengan muatan motivasi dari ayat-ayat Al-Quran dan Hadits yang didesain melalui pengajaran Discovery Learning dengan materi Impuls dan Momentum Linear belum tersedia. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan e-modul bermuatan ayat Al-Quran dan Hadits layak digunakan dalam pembelajaran. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul bermuatan ayat Al-Quran dan Hadits. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan subjek uji coba e-modul bermuatan ayat Al-Quran dan Hadits yang diuji coba pada 10 orang peserta didik kelas X MIPA 1 MA Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan melalui persentase uji validitas, rata-rata skor angket respons, tes hasil belajar dan angket motivasi ARCS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validitas e-modul memperoleh skor 84,88% yang terkategori sangat tinggi dengan reliabilitas sebesar 0,97, 2) Kepraktisan e-modul memperoleh 78,71% yang terkategori praktis, 3) Efektivitas memperoleh skor N-gain sebesar 0,79 dengan kategori tinggi 4) Motivasi belajar peserta didik memperoleh skor N-gain sebesar 0,52 yang terkategori sedang. Diperoleh kesimpulan bahwa e-modul bermuatan ayat Al-Quran dan Hadits layak digunakan dalam pembelajaran
Kata kunci : E-modul; Impuls dan Momentum; Ayat Al-Quran dan Hadits