dc.description.abstract |
NORLIANA, 1810411220008, 2022 “Efektivitas Pelayanan Perizinan
Online Melalui Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP) di Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin”.
Di Bawah Bimbingan Tomi Oktavianor.
Perkembangan zaman telah mendorong pelayanan publik untuk
memanfaatkan TIK disebut dengan E-Government. Salah satunya adalah
DPMPTSP Kota Banjarmasin yaitu dengan meluncurkan Sistem Informasi
Aplikasi Perizinan (SIAP). SIAP adalah media online DPMPTSP Kota
Banjarmasin untuk melakukan pendaftaran izin secara online maupun
memberikan informasi kepada masyarakat guna mempermudah masyarakat
dalam melakukan pendaftaran izin sehingga tidak perlu datang langsung ke
Kantor DPMPTSP Kota Banjarmasin serta dapat memberikan pelayanan yang
mudah dan cepat. Namun faktanya masih terdapat beberapa keluhan masyarakat
mengenai pelayanan perizinan online melalui SIAP.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan
Perizinan Online Melalui Sistem Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP) di Dinas
penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin dan
untuk mengetahui kendala dalam Pelayanan Perizinan Online Melalui Sistem
Informasi Aplikasi Perizinan (SIAP) di Dinas penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan yaitu
pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang
digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis tematik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan perizinan
online melalui SIAP di DPMPTSP Kota Banjarmasin belum efektif. Hal ini
dilihat dari teori efektivitas menurut Gou & Lu (2005) dengan tiga faktor utama
yaitu kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas tampilan web. Karena
persepsi mereka adalah Pelayanan Perizinan Online melalui SIAP sulit untuk
digunakan, proses pelayanan masih lambat, tampilan SIAP sulit untuk dipahami
dan SIAP sulit untuk diakses bagi pengguna pelayanan. Adapun Kendala dalam
Pelayanan Perizinan Online melalui SIAP di DPMPTSP Kota Banjarmasin
adalah kurangnya pemahaman pengguna mengenai teknologi informasi dan
kurangnya sumber daya manusia DPMPTSP Kota Banjarmasin yang memadai.
Saran diajukan kepada pihak DPMPTSP Kota Banjarmasin agar
meningkatkan sosialisasi yang mudah dipahami oleh pemohon mengenai
penggunaan dan tampilan pada SIAP sehingga pemohon lebih mudah untuk
memahami dan menggunakan SIAP. Menempatkan pegawai khusus mengelola
SIAP dan perlu mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada.
Kata Kunci: Efektivitas Pelayanan Online, Sistem Informasi Aplikasi Perizinan
(SIAP), Pelayanan Perizinan Online, E-Government |
|