dc.description.abstract |
Pengembangan literasi sains termasuk tujuan utama pembelajaran fisika. Namun,
kemampuan tersebut belum dilatihkan dengan baik, apalagi yang terintegrasi
dengan kearifan lokal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul elektronik fisika
berbasis kearifan lokal pada materi energi terbarukan sehingga layak untuk
meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test
and post-test design pada 25 orang peserta didik kelas X-B SMA Negeri 5
Banjarmasin. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi modul
elektronik, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta
didik, dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul elektronik
termasuk valid karena validitas isi dan konstruknya masing-masing 3,31 dan 3,29
dengan kategori valid, (2) modul elektronik termasuk praktis karena RPP dapat
dilaksanakan dengan baik dan respon peserta didik sebesar 3,32 dengan kategori
praktis, (3) modul elektronik termasuk efektif karena n-gain literasi sains sebesar
0,59 dalam kategori sedang. Dengan demikian, modul elektronik berbasis kearifan
lokal yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi sains peserta
didik.
Kata kunci: Energi terbarukan, kearifan lokal, literasi sains |
|