Repo Mhs ULM

Penetapan Kadar Fenolik Total dan Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol serta Ekstrak Aquades dari Daun Cempedak (Artocarpus integer) 

Show simple item record

dc.contributor.author Desiya Ramayanti Azhara
dc.date.accessioned 2023-02-23T09:52:09Z
dc.date.available 2023-02-23T09:52:09Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34069
dc.description.abstract Artocarpus integer (cempedak) diketahui memiliki kandungan senyawa fenolik. Senyawa fenolik merupakan metabolit sekunder tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan alami karena memiliki gugus hidroksil yang dapat meredam Radikal bebas. Tanaman yang mengandungi senyawa fenolik diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menetapkan kadar fenolik total dan mengetahui aktivitas antioksidan ekstrak etanol 96?n ekstrak aquadest daun A.integer. Ekstrak aquadest diperoleh dengan cara mengeringkan sampel daun segar hingga menjadi simplisia. Kemudian simplisia diserbukan dan dilakukan ekstraksi dengan cara perebusan. Ekstrak etanol 96% diekstraksi dengan cara maserasi. Penetapan kadar fenolik total menggunakan pereaksi Folin-Ciocalteu dengan pembanding asam galat menggunakan instrumen spektrometer UV-Vis. Hasil uji penetapan kadar fenolik total dinyatakan dengan kesetaraan asam galat per gram ekstrak (GAE/g ekstrak). Pengujian aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH (1,1-difenil-2-pikril-hidrazil) berdasarkan nilai IC50 dengan pembanding kuersetin. Hasil penelitian menunjukkan kadar fenolik total dari ekstrak etanol 96% sebesar 31,149 ± 0,767 GAE/g ekstrak. Ekstrak aquadest sebesar 22,592 ± 0,251% GAE/g ekstrak. Ekstrak etanol 96% memiliki aktivitas antioksidan dengan nilai IC50 sebesar 24,558 ppm. Ekstrak aquadest memiliki aktivitas antioksidan dengan nilai IC50 sebesar 54,740 ppm. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun A.integer ekstrak etanol 96% memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat, dan ekstrak aquadest memiliki antioksidan kuat.
dc.title Penetapan Kadar Fenolik Total dan Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol serta Ekstrak Aquades dari Daun Cempedak (Artocarpus integer) 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account