Repo Mhs ULM

Pengaruh Arus Divergent pada U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Ruas Jl. A. Yani Km. 35 Banjarbaru)

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi Shafitri Arifanti
dc.date.accessioned 2023-02-23T09:57:29Z
dc.date.available 2023-02-23T09:57:29Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34114
dc.description.abstract Banyaknya kendaraan yang melakukan gerakan putar balik pada u-turn dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas terutama pada jam padat. Permasalahan ini juga terjadi pada u-turn ruas Jalan A. Yani Km. 35 Banjarbaru. Oleh karena, itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan oleh u-turn terhadap kinerja lalu lintas. Penelitian dilakukan pada kondisi yang terpengaruh oleh u-turn dan yang tidak terpengaruh oleh u-turn. Dari hasil analisis, model yang terpilih saat u-turn beroperasi secara normal adalah model Underwood dengan hasil Sm = 16,707 km/jam dan FC = 1392,209 smp/jam. Sedangkan model yang terpilih saat u-turn ditutup adalah model Greenshields dengan hasil Sm = 26,383 km/jam dan FC = 4576,975 smp/jam. Saat terpengaruh oleh u-turn, nilai Sm mengalami penurunan sebesar 36,68?n nilai FC mengalami penurunan sebesar 69,58%. ITP saat u-turn beroperasi secara normal didominasi oleh tingkat E sebesar 68%, sedangkan ITP saat u-turn ditutup adalah 100% tingkat B.
dc.title Pengaruh Arus Divergent pada U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Ruas Jl. A. Yani Km. 35 Banjarbaru)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account