Repo Mhs ULM

Pengembangan Modul Biologi Berbasis Android terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK

Show simple item record

dc.contributor.author Hatta Gani
dc.date.accessioned 2023-02-23T10:29:42Z
dc.date.available 2023-02-23T10:29:42Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34399
dc.description.abstract ABSTRAK Hatta Gani, 2022. “Pengembangan Modul Biologi Berbasis Android terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK”. Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc dan (II) Prof.Dr.H.Muhammad Zaini, M.Pd Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar yang inovatif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Bahan ajar yang baik bahkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh sebab itu perlu dikembangkan modul Biologi berbasis android yang menarik, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul Biologi berbasis android dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan. Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk menguji validitas modul Biologi berbasis android, 3 siswa untuk uji perorangan, 3 siswa untuk uji kelompok kecil dan 15 siswa untuk uji lapangan. Teknis analisis data dilakukan sesuai dengan tujuan dari penelitian yang meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan modul Biologi berbasis android yang dianalisis berdasarkan data di lapangan. Hasil penelitian menunjukan modul yang dikembangkan pada uji validasi diperoleh nilai rata-rata 87,07?ngan kriteria sangat valid dan hasil uji perorangan diperoleh nilai rata-rata 90,23?ngan kriteria sangat baik. Kepraktisan harapan dan aktual modul biologi berbasis android masing-masing sebesar 92,26?n 89,39?ngan kriteria sangat praktis. Modul Biologi berbasis android yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang mengalami peningkatan pada keefektifan uji kelompok kecil (harapan) dengan nilai rata-rata 69,3% meningkat menjadi 69,8?ngan kategori sangat efektif dan pada uji lapangan (aktual) mendapatkan nilai rata-rata 84,1% meningkat menjadi 86,7?ngan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6 yang berada pada kriteria sedang. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa Modul Biologi berbasis Android yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Modul Biologi, Android, Kemampuan Berpikir Kritis
dc.title Pengembangan Modul Biologi Berbasis Android terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account