Abstract:
Keterampilan kognitif yang penting dibangun dalam diri peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Usaha yang dapat dilakukan dalam membangun keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah melalui pembelajaran, yang didukung oleh penggunaan sumber belajar inovatif seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada evaluasi pormatif berdasarkan model Tessmer. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD yang dikembangkan berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi pelajaran Biologi kelas X semester genap. Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk uji validitas, 3 peserta didik untuk uji perorangan, 6 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 10 peserta didik untuk uji lapangan. Validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD dianalisis berdasarkan data di lapangan. Hasil penelitian menunjukan validitas LKPD mendapatkan nilai rata-rata 92,98?ngan kategori sangat valid dan uji perorangan mendapatkan nilai rata-rata 95,00?ngan kategori sangat baik. Kepraktisan harapan dan aktual LKPD masing-masing sebesar 90,33?n 91,33?ngan kategori sangat baik. Keterlaksanaan harapan dan aktual masing-masing sebesar 83,50?n 86,25?ngan kategori sangat baik. LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan dengan nilai rata-rata keefektifan harapan 61,81 meningkat menjadi 81,25 dengan kategori sangat baik dan kefektifan aktual mendapatkan nilai rata-rata 65,28 meningkat menjadi 86,25 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5 yang berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi pelajaran Biologi kelas X yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.