Repo Mhs ULM

Pengembangan Handout Pembelajaran IPA Topik Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Ai Sulastri
dc.date.accessioned 2023-02-23T10:46:36Z
dc.date.available 2023-02-23T10:46:36Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34545
dc.description.abstract RINGKASAN Ai Sulastri. 2022. Pengembangan Handout Pembelajaran IPA Topik Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. Pembimbing: Dr. Ir. Badruzsaufari, M.Sc. Dr. Dharmono, M.Si. Keterampilan berpikir kritis merupakan bagian dari keterampilan kognitif (pengetahuan) dalam Framework for 21st Century Learning yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun faktanya keterampilan berpikir kritis peserta didik jenjang SMP masih rendah karena disebabkan oleh belum memaksimalkan fasilitas dalam mengembangkan berpikir kritis seperti tersedianya bahan ajar berupa handout. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan pendidikan atau Educational Design Research (EDR). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer meliputi tahapan melalui evaluasi diri, validasi ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji validitas adalah lima orang pakar, subjek uji perorangan adalah tiga orang peserta didik kelas VIII SMPN 5 Banjarmasin, subjek uji kelompok kecil adalah sembilan orang peserta didik kelas VIII SMPN 5 Banjarmasin, dan subjek uji coba lapangan adalah tiga puluh satu orang peserta didik kelas VIII SMPN 5 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa handout pembelajaran IPA topik sistem pencernaan pada manusia memperoleh nilai validitas 3,61 dengan kategori sangat valid, kepraktisan isi memperoleh nilai 87,41 dengan kategori sangat praktis, kepraktisan harapan memperoleh nilai 87,78 dengan kategori sangat praktis, kepraktisan aktual memperoleh nilai 85,65 dengan katagori sangat praktis. Hasil keefektifan harapan dan aktual berpikir kritis kategori baik (meliputi memberikan penjelasan lanjut dan mengatur strategi) dan kategori sangat baik (meliputi memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar dan menyimpulkan). Nilai rata-rata keefektifan harapan yaitu 3,48 dengan N-gain 0,81 katagori tinggi dan nilai rata-rata keefektifan aktual yaitu 3,51 dengan N-gain 0,82 katagori tinggi. Oleh karena itu, handout IPA topik sistem pencernaan manusia ini dapat digunakan sebagai bahan pengayaan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik VIII SMP. Kata kunci: handout, keterampilan berpikir kritis, valid, praktis dan efektif.
dc.title Pengembangan Handout Pembelajaran IPA Topik Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account