Repo Mhs ULM

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Creative Problem Solving pada Materi Suhu dan Perubahannya dalam Rangka Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMP

Show simple item record

dc.contributor.author Devi Dini Paramitha
dc.date.accessioned 2023-02-23T11:09:53Z
dc.date.available 2023-02-23T11:09:53Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34749
dc.description.abstract Paramitha, Devi Dini. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model, Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Suhu dan Perubahannya. Tesis, Magister Keguruan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (1) Dr. Rahmat Yunus, M.Si. (2) Prof. Dr. Abdullah, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran dan media yang mendukung proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta dapat mengembangkan metode pemecahan masalah secara kreatif (creative problem solving). Perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, materi ajar, LKPD, dan LP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Tessmer yang meliputi evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek uji coba penelitian adalah 27 peserta didik kelas VIIA dan 25 peserta didik kelas VIIB SMP Negeri 2 Sampanahan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini telah memenuhi nilai validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Perangkat Pembelajaran CPS layak untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik karena perangkat pembelajaran yang di kembangkan sudah valid, praktif, serta efektif.
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Creative Problem Solving pada Materi Suhu dan Perubahannya dalam Rangka Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMP


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account