Abstract:
Perkembangan globalisasi yang pesat membawa pengaruh terhadap
kehidupan kita, salah satunya dalam dunia bisnis. Perkembangan dalam dunia
bisnis ini dapat meningkatkan perilaku berbelanja pada konsumen serta dengan
adanya perkembangan teknologi yang semakin mudah membawa merek global.
Peningkatan perilaku perilaku berbelanja sering daitemui pada remaja hingga
dewasa. Salah satu dampak yang muncul dari peningkatan perilaku berbelanja ini
yaitu berkembangnya kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring.
Kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring ini sering dikaitkan dengan
rendahnya self-esteem seseorang. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui
apakah self-esteem memiliki pengaruh terhadap kecenderungan perilaku pembelian
kompulsif daring pada pengguna e-commerce yang berdomisili di Indonesia.
Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu
convenience sampling dan jumlah responden yang didapat sebesar 204 orang.
Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala Compulsive Online Shopping
Scale dan Self-Liking/Self-Competence Scale, serta di analisis mengunakan regresi
linier berganda. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu self-esteem secara
simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kecenderungan perilaku
pembelian kompulsif daring. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh
self-esteem terhadap kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring dalam
penelitian sebesar 13,3% sedangkan 86,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang
tidak dibahas dalam penelitian kali ini.
Kata kunci: Self-esteem, perilaku pembelian kompulsif daring, pengguna e-commerce