Repo Mhs ULM

PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF DARING PADA PENGGUNA E-COMMERCE

Show simple item record

dc.contributor.author Salsabila Wahyu Almira
dc.date.accessioned 2023-02-23T11:21:34Z
dc.date.available 2023-02-23T11:21:34Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/34849
dc.description.abstract Perkembangan globalisasi yang pesat membawa pengaruh terhadap kehidupan kita, salah satunya dalam dunia bisnis. Perkembangan dalam dunia bisnis ini dapat meningkatkan perilaku berbelanja pada konsumen serta dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin mudah membawa merek global. Peningkatan perilaku perilaku berbelanja sering daitemui pada remaja hingga dewasa. Salah satu dampak yang muncul dari peningkatan perilaku berbelanja ini yaitu berkembangnya kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring. Kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring ini sering dikaitkan dengan rendahnya self-esteem seseorang. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengetahui apakah self-esteem memiliki pengaruh terhadap kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring pada pengguna e-commerce yang berdomisili di Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu convenience sampling dan jumlah responden yang didapat sebesar 204 orang. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu skala Compulsive Online Shopping Scale dan Self-Liking/Self-Competence Scale, serta di analisis mengunakan regresi linier berganda. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu self-esteem secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh self-esteem terhadap kecenderungan perilaku pembelian kompulsif daring dalam penelitian sebesar 13,3% sedangkan 86,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian kali ini. Kata kunci: Self-esteem, perilaku pembelian kompulsif daring, pengguna e-commerce
dc.title PENGARUH SELF-ESTEEM TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF DARING PADA PENGGUNA E-COMMERCE


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account