Abstract:
Penerimaan media tradisional (majalah, radio, televisi) dalam menyampaikan
informasi kesehatan di masyarakat mengalami penurunan disaat kemajuan teknologi
yang semakin meningkat. Perkembangan platform media sosial video pendek, seperti
TikTok semakin melonjak popularitasnya ketika pandemi COVID-19. TikTok telah
mengubah cara masyarakat mencari dan berbagi informasi kesehatan dengan konten
video yang menarik. Namun, sejauh ini tidak ada bukti empiris apakah pengguna
TikTok bersedia menerima video pendek terkait kesehatan. Penerimaan mengacu
pada niat perilaku, artinya pengguna akan menonton, membaca pesan yang
disampaikan dalam video, dan berbagi video dengan orang lain terkait kesehatan. Hal
ini menunjukkan ada berbagai faktor yang mempengaruhi niat pengguna dalam
penerimaan informasi kesehatan melalui video pendek. Penelitian ini menggunakan
Uses and Gratifications Theory dengan modifikasi variabel Unified Theory of
Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2) untuk menganalisis apa saja faktor
yang mempengaruhi niat perilaku pengguna dalam penerimaan informasi kesehatan
melalui video pendek. Variabel dalam model penelitian ini terdiri dari harapan usaha,
harapan kinerja, pencarian informasi, hiburan, kebiasaan, sosialisasi, pengaruh sosial,
dan demografi (jenis kelamin, usia dan pendidikan). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui survei online kepada
responden masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi TikTok. Analisis
dilakukan terhadap 570 data responden valid dengan metode PLS-SEM
menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor
harapan usaha, kebiasaan, sosialisasi, pengaruh sosial secara signifikan memberikan
pengaruh positif terhadap niat perilaku dan jenis kelamin mempengaruhi niat perilaku
penerimaan video pendek. Selanjutnya, penelitian ini menemukan kebutuhan kognitif,
kebutuhan afektif dan kebutuhan sosial berpengaruh signifikan terhadap penerimaan
video pendek TikTok sebagai media informasi kesehatan.
Kata kunci : Video pendek, TikTok, informasi kesehatan, UGT, UTAUT2