Abstract:
ABSTRAK
Ardiansyah, NIM. 2020421310036, 2022. Implementasi Kebijakan
Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Dilingkungan
Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara. Tesis. Program Studi Magister Ilmu
Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung
Mangkurat dibawah bimbingan Dosen Pembimbing I Budi Suryadi dan Dosen
Pembimbing II Muhammad Riduansyah Syafari.
Didaerah mana saja yang dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap
muka terbatas dan mana saja pembelajaran yang harus dilakukan dengan
pembelajaran jarak jauh (daring), disinilah pentingnya peran Satgas Covid-19
masing-masing sekolah memberikan keyakinan dan penjelasan kepada
masyarakat dilingkungan sekolah untuk mendukung dan membantu agar
Pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilaksanakan dengan tetap menerapkan
secara ketat Protokol Kesehatan, disinilah kita melihat KESIAPAN
masyarakat/orangtua murid mendukung dilaksanakannya pembelajaran tatap
muka terbatas.
Untuk Menganalisis Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka
Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Dinas Pendidikan
Kabupaten Barito Utara dan Untuk Menganalisis faktor yang mempengaruhi
Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi
Covid 19 Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara.
Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif karena peneliti ingin menghasilkan kesimpulan berupa data yang
menggambarkan secara rinci tentang fenomena yang terjadi di lapangan.
Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Barito Utara.
Berdasarkan analisis dari uraian dari hasil penelitian dan pembahasan
mengenai Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa
Pandemi Covid-19 Dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara
cukup berhasil dilaksanakan namun perlu penguatan dan dukungan semua pihak
dalam pengimplementasiannya. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan pada
beberapa faktor yang diteliti yakni ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya,
komunikasi antar organisasi, karakteristik badan pelaksana, sikap pelaksana atau
implementor, kondisi sosial, ekonomi, dan politik. Proses implementasi kebijakan
yang optimal terjadi pada faktor komunikasi antar organisasi dan sikap pelaksana
atau implementor. Sedangkan, faktor sumber daya masih memerlukan perbaikan
terutama pada sumber daya manusia karena masih terdapat beberapa guru yang
masih belum bisa memaksimalkan pembelajaran tatap muka terbatas di saat
pandemi Covid-19 dikarenakan keterbatasan jam waktu mengajar dan kurangnya
inovasi/kreatifitas dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran tatap muka
terbatas memerlukan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai agar
pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilaksanakan secara maksimal.
Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,
Pandemi Covid-19.