dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul pembelajaran berbasis Pedagogical Content Knowledge (PCK) pada materi usaha dan energi yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Kelayakan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan desain penelitian menggunakan model ADDIE, diujicobakan pada 15 peserta didik kelas X NS EA SMA Global Islamic Boarding School (GIBS). Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu lembar uji
validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Modul pembelajaran dinyatakan layak karena diperoleh validitas berkategori baik, kepraktisan berkategori baik, dan efektivitas berkategori tinggi, (2) Modul pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata skor 3,28 berkategori baik, (3) Modul pembelajaran
dinyatakan praktis dengan rata-rata skor 3,25 berkategori baik, dan (4) Modul pembelajaran
dinyatakan efektif dengan N-gain score sebesar 0,73 berkategori tinggi (5) Modul pembelajaran dinyatakan mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan rata-rata skor 76.67 berkategori baik. Simpulan penelitian yang diperoleh yaitu modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Dengan demikian, modul pembelajaran ini dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk dijadikan referensi dan sumber belajar dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik.
Kata kunci: Modul Pembelajaran; Pedagogical Content Knowledge; Keterampilan Pemecahan
Masalah; Usaha dan Energi. |
|