dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan keterampilan proses sains peserta didik yang sangat kurang. Oleh sebab itu, kemampuan keterampilan proses perlu dilatihkan secara kompleks dalam suatu LKPD digital. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD digital terintegrasi video eksperimen laboratorium pada materi fluida dinamis untuk meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Tujuan khusus dari penelitian ini yakni mendeskripsikan validitas LKPD digital, kepraktisan LKPD digital, dan efektivitas LKPD digital. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang diperoleh diantaranya menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan angket lembar pengamatan keterampilan proses sains. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas LKPD digital dengan rata-rata 42,3 berketegori valid dan untuk video eksperimen dengan rata-rata 3,2 berkategori valid; (2) Kepraktisan LKPD digital diperoleh 3,47 dengan kategori sangat praktis; (3) Efektivitas LKPD digital memperoleh dari dan ketercapaian keterampilan proses sains melalui lembar pengamatan keterampilan proses sains memperoleh rata-rata nilai 3,2 dengan kategori baik dan nilai N-Gain 0,38 berkategori sedang, Dengan demikian, LKPD digital terintegrasi video eksperimen laboratorium pada materi fluida dinamis untuk meningkatkan keterampilan proses sains layak untuk digunakan dalam pembelajaran. LKPD digital yang dikembangkan mampu membantu peserta didik memahami materi fluida dinamis serta meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran di sekolah ataupun belajar mandiri.
Kata kunci: Keterampilan proses sains, LKPD digital, video eksperimen laboratorium. |
|