Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG BUNYI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Show simple item record

dc.contributor.author Diana Ekawati
dc.date.accessioned 2023-02-23T13:42:51Z
dc.date.available 2023-02-23T13:42:51Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36151
dc.description.abstract Pembelajaran yang tidak berorientasi terhadap peserta didik memberi dampak pada rendahnya tingkat keterampilan proses sains siswa. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar fisika untuk melatih keterampilan proses sains siswa yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan efektivitas bahan ajar ditinjau dari hasil belajar kognitif dan psikomotorik. Bahan ajar yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), materi ajar, dan Tes Hasil Belajar (THB). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 2 SMAN 12 Banjarmasin sebanyak 22 peserta didik. Data diperoleh melalui lembar validasi, lembar pengamatan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan (1) valid berdasarkan penilaian validator dengan rerata skor 3,24 dan berkategori baik; (2) praktis berdasarkan keterlaksanaan RPP dengan rerata skor 3,44 dan berkategori sangat baik; (3) efektif berdasarkan gain score sebesar 0,57 dengan kategori sedang; (4) keterampilan proses sains secara observasi dengan rerata score 3,50 dalam kategori sangat baik. Diperoleh simpulan bahan ajar fisika multimodel layak untuk melatih keterampilan proses sains. Kata Kunci : Bahan ajar, Keterampilan proses sains
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG BUNYI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account