Repo Mhs ULM

Kualitas Pelayanan Administrasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Pada Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad Arsyad
dc.date.accessioned 2023-02-23T13:56:04Z
dc.date.available 2023-02-23T13:56:04Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36272
dc.description.abstract ABSTRAK Muhammad Arsyad, 1810411210031, Kualitas Pelayanan Administrasi Kartu Tanda Kependudukan Elektronik (E-KTP) Pada Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Dibawah bimbingan Bapak Enly Hadiyanor. Kecamatan pada hakekatnya adalah institusi pemerintah yang mendukung dan terlibat dalam kehidupan konstituennya. Indikator kesulitan yang menentukan kompleksitas tantangan yang dihadapi oleh kecamatan di Indonesia antara lain jumlah penduduk yang pdilayani, mata pencaharian, ciri geografis, pendidikan, kemampuan ekonomi, dan jumlah desa di wilayah kerja. Berdasarkan tantangan yang peneliti hadapi di Kantor Kecamatan Bumi Makmur, masih banyak masyarakat yang belum memahami syarat dan kondisi yang harus disiapkan masyarakat dalam rangka pembuatan barang untuk keperluan administrasi, khususnya dalam pelaksanaan layanan e-KTP. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai metodologinya. Dasar pendekatan penetlitian ini, menyoroti nilai generalisasi (Sugiono 2017:8). Untuk mengetahui secara menyeluruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut, penelitian ini dilakukan dengan cara memantau atau observasi langsung dan dengan jangka waktu yang telah peneliti ditentukan. Setelah observasi dan temuan kajian, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Di Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut, kualitas penyelenggaraan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sudah cukup baik. Keempat kriteria tersebut tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dapat digunakan untuk menilai kualitas Layanan Administrasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan Mutu Pelayanan antara lain motivasi kerja pegawai, sistem kerja dan sistem pelayanan, lingkungan kerja instansi, lingkungan fisik tempat kerja, peralatan dan fasilitas, serta tata kerja. Kata kunci: Kualitas; layanan; e-KTP; Kecamatan Bumi Makmur
dc.title Kualitas Pelayanan Administrasi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Pada Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account