dc.description.abstract |
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang mendasari pembelajaran fisika. Namun, keterampilan tersebut kurang dilatih kan di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fluida statis dengan model Creative Responsibility Based Learning (CRBL) yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ADDIE dan uji coba kelas menggunakan one group pre-test and post-test pada 20 peserta didik kelas XI IPA SMAN 3 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi tenaga ahli, pengamatan keterlaksanaan RPP, dan tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar termasuk valid karena hasil validasi RPP, LKPD, buku ajar, dan tes keterampilan proses dengan kriteria baik; (2) bahan ajar termasuk praktis karena fase-fase CRBL dilaksanakan sangat baik; (3) bahan ajar CRBL termasuk efektif karena perolehan gain score keterampilan proses sains dengan kriteria sedang. Dengan demikian, bahan ajar fluida statis dengan model CRBL termasuk layak untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Kata Kunci: CRBL, fluida statis, keterampilan proses sains. |
|