Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK USAHA DAN ENERGI BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Winda Febriani
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:33:24Z
dc.date.available 2023-02-23T14:33:24Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36631
dc.description.abstract Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan, namun belum tersedia bahan ajar yang terintegrasi permainan tradisional yang mendukung untuk meningkatkan literasi sains. Tujuan penelitian ini menghasilkan bahan ajar elektronik usaha dan energi bermuatan permainan tradisional yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design pada 27 orang peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Banjarmasin. Data diperoleh dari instrumen validasi, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar elektronik termasuk valid karena diperoleh skor 3,67 dengan kategori sangat baik, (2) bahan ajar elektronik termasuk praktis karena komponen RPP dapat terlaksana dengan kategori sangat baik, (3) bahan ajar elektronik termasuk efektif karena 88% peserta didik tuntas dan 12% peserta didik tidak tuntas dengan standar skor KKM 70 dan nilai n-gain literasi sains sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, bahan ajar elektronik usaha dan energi bermuatan permainan tradisional yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Usaha dan energi, literasi sains, permainan tradisional
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK USAHA DAN ENERGI BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account