Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING (CRBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH  PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Siti Arbainah
dc.date.accessioned 2023-02-23T14:36:28Z
dc.date.available 2023-02-23T14:36:28Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/36656
dc.description.abstract Abad ke-21 menuntut individu untuk menguasai kreativitas ilmiah. Namun, kreativitas ilmiah peserta didik masih rendah dan kekurangan perangkat berbasis kreativitas ilmiah. Sehingga tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat CRBL yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik. Perangkat CRBL yang dikembangkan meliputi RPP, materi ajar, LKPD dan LP kreativitas ilmiah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model ADDIE dan uji coba kelas menggunakan one group pre-test and post-test pada 23 peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 3 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari instrumen validasi perangkat CRBL, lembar pengamatan pembelajaran dan tes kreativitas ilmiah. Berdasarkan pada hasil analisis data, kreativitas ilmiah peserta didik pada materi fluida statis dengan menerapkan model CRBL diperoleh bahwa: (1) Perangkat CRBL termasuk valid karena komponen RPP, materi ajar, LKPD, dan LP kreativitas ilmiah dalam kategori valid; (2) Perangkat CRBL termasuk praktis, karena fase-fase CRBL dapat dilaksanakan dengan baik; dan (3) Perangkat CRBL termasuk efektif karena N-gain kreativitas ilmiah sebesar 0,42 dalam kriteria sedang. Dengan demikian, perangkat CRBL yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik. Kata kunci: CRBL, kreativitas ilmiah.
dc.title PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL CREATIVE RESPONSIBILITY BASED LEARNING (CRBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH  PESERTA DIDIK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account