Abstract:
Literasi digital peserta didik masih sangat kurang, sehingga tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat PBL dipadu STEM topik usaha dan energi yang layak untuk meningkatkan literasi digital peserta didik. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari RPP, materi ajar, LKPD, THB, dan angket literasi digital. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba menggunakan one-group pre-test post-test design. Subjek uji coba adalah 24 peserta didik kelas X PMIA 1 SMAN 3 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat termasuk valid karena hasil validasi RPP, materi ajar, LKPD, THB, dan angket literasi digital memenuhi kategori valid; (2) Perangkat termasuk praktis, karena RPP dan respon peserta didik memenuhi kategori praktis; dan (3) Perangkat termasuk efektif, karena peningkatan literasi digital dan hasil belajar peserta didik dalam kategori tinggi. Dengan demikian, perangkat PBL dipadu STEM yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi digital peserta didik dalam pembelajaran fisika.