Repo Mhs ULM

ANALISIS PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBASIS AUTHENTIC LEARNING PADA MATERI AJAR GERAK LURUS DENGAN METODE TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS)

Show simple item record

dc.contributor.author Silva Almayardila
dc.date.accessioned 2023-02-23T15:18:25Z
dc.date.available 2023-02-23T15:18:25Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37044
dc.description.abstract ABSTRAK Model pembelajaran fisika yang biasa digunakan di SMAN 1 Banjarmasin adalah model kooperatif dan pembelajaran fisika sudah menggunakan pendekatan student center. Untuk melakukan analisis mendalam dilakukan penelitian untuk menganalisis pembelajaran model collaborative problem solving berbasis authentic learning pada materi ajar gerak lurus dengan metode transcript based lesson analysis. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlibatan peserta didik serta penggunaan kata kunci selama proses pembelajaran dengan collaborative problem solving berbasis authentic learning pada materi gerak lurus melalui transcript based lesson analysis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif menggunakan lesson study dengan 2 siklus dan tahapan plan, do, see. Subjek penelitian adalah 38 peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 1 Banjarmasin serta guru. Data diperoleh melalui full transcript percakapan antara guru dan peserta didik selama siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Grafik number of word menunjukkan pembelajaran cenderung didominasi oleh guru dan dikategorikan teacher centered. Keterlibatan peserta didik masih kurang terlihat pertemuan 1 dan 3 terdapat 2 kelompok aktif, sedangkan pertemuan 2 dan 4 terdapat 3 kelompok aktif (2) Grafik focus of word menunjukkan kata kunci yang paling banyak digunakan selama pembelajaran dari pertemuan 1 adalah kecepatan sedangkan 2, 3, dan 4 adalah waktu. Dengan demikian, analisis pembelajaran model collaborative problem solving berbasis authentic learning pada materi ajar gerak lurus dengan metode transcript based lesson analysis dapat digunakan menjadi bahan reflektif guru untuk menganalisis pembelajaran secara mendalam dari data transkrip percakapan antara guru dan peserta didik. Kata kunci: Transcript based lesson analysis, number of word, focus of word
dc.title ANALISIS PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBASIS AUTHENTIC LEARNING PADA MATERI AJAR GERAK LURUS DENGAN METODE TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account