Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa sulit memahami konsep materi, kurang
mampu berpikir kritis, tidak aktif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran yang
disebabkan oleh proses pembelajaran yang abstrak dan berpusat kepada guru, penyampaian
materi pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran yang konkret, tidak
menuntut siswa berpikir kritis, dan pembelajaran tidak diselingi dengan kegiatan
menyenangkan. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk memaksimalkan hasil belajar dalam
pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD dikombinasikan dengan Group
Investigation dan Course Riview Horay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh
kriteria “Baik”, pertemuan 2 kriteria “Sangat Baik”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Baik”.
Aktivitas siswa pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 kriteria
“Aktif”, dan pertemuan 3 kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 secara
klasikal mencapai persentase ketuntasan sebesar 25%, pertemuan 2 mecapai 75%, dan
pertemuan 3 mencapai presentasi ketuntasan 83,33%.