Abstract:
Belum tersedianya materi ajar hukum Newton tentang gravitasi yang memuat model creative problem solving yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar hukum Newton tentang gravitasi melalui model creative problem solving yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Tujuan khusus penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Desain penelitian adalah pre experiment design (the one group pretest-posttest design). Subjek uji coba, yaitu 17 peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 1 Amuntai. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan instrumen penilaian validitas, kuesioner, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk validitas dan kepraktisan dilakukan dengan merata-ratakan hasil yang diperoleh, sedangkan efektivitas menggunakan n-gain score. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas materi ajar skor rata-rata 3,45 berkategori sangat valid, (2) kepraktisan materi ajar skor rata-rata 3,05 berkategori praktis, dan (3) efektivitas materi ajar rata-rata pretest 5,47 berkategori tidak baik, dan posttest rata-rata 50,23 berkategori cukup baik, serta skor n-gain 0,47 berkategori sedang. Simpulan penelitian yang diperoleh yaitu materi ajar hukum Newton tentang gravitasi melalui model creative problem solving untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Creative problem solving, hukum Newton tentang gravitasi, keterampilan pemecahan masalah, materi ajar.