Abstract:
Di era teknologi dan informasi saat ini, literasi digital menjadi salah satu kunci kesuksesan hidup dan berkarir, namun literasi tersebut kurang mendapatkan perhatian di sekolah. Penelitian bertujuan menghasilkan perangkat autonomy based STEM learning pada materi gelombang bunyi yang layak untuk meningkatkan literasi digital peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat autonomy based STEM learning pada materi gelombang bunyi yang untuk meningkatkan literasi digital peserta didik. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji cobanya ialah 29 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Banjarmasin. Data diperoleh dari lembar validasi, lembar keterlaksanaan RPP, angket respon peserta didik, angket literasi digital, dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat termasuk valid karena hasil validasi RPP, materi ajar, LKPD, THB, angket respon peserta didik, dan angket literasi digital berkategori sangat valid; (2) Perangkat termasuk praktis karena keterlaksanaan RPP dan respon peserta didik memenuhi kategori praktis; dan (3) Perangkat yang dikembangkan juga termasuk efektif karena n-gain THB sebesar 0,85 berkategori tinggi dan n-gain literasi digital sebesar 0,74 berkategori tinggi. Dengan demikian, perangkat autonomy based STEM learning yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi digital peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Kata kunci: Autonomy based STEM learning, hasil belajar, literasi digital.