Abstract:
Sari, Noormila. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Muatan
Bahasa Indonesia Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model
SQ3R, Scramble dan Talking Stick Siswa Kelas 4 SDN Pelambuan 2
Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.
Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman, SQ3R, Scramble, dan Talking Stick
Rendahnya kemampuan membaca pemahaman muatan Bahasa Indonesia Tema
8 Daerah Tempat Tinggalku pada siswa kelas 4 SDN Pelambuan 2 Banjarmasin
merupakan akibat dari permasalahan pembelajaran yang dilakukan oleh guru
kurang melatih kemampuan membaca pemahaman siswa, sehingga mengakibatkan
hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu, penerapan model SQ3R,
Scramble dan Talking Stick diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa
serta menganalisis peningkatan kemampuan membaca pemahaman muatan Bahasa
Indonesia Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku menggunakan model SQ3R, Scramble
dan Talking Stick pada siswa kelas 4 SDN Pelambuan 2 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Penelitian ini
dilaksanakan pada kelas 4A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin dengan jumlah
sebanyak 20 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang
siswa perempuan. Jenis data yang disajikan adalah data kuantitatif dan kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan. Pada
aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 29 dengan kategori baik dan terus
meningkat sampai pertemuan 4 dengan memperoleh skor 39 atau berada dalam
kategori sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 mencapai 55?ngan kategori
cukup aktif dan terus meningkat sampai pertemuan 4 menjadi 100% atau berada
dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa pertemuan 1 secara individu atau
klasikal mencapai 25?ngan kategori kurang baik dan terus meningkat sampai
pertemuan 4 menjadi 90% atau berada dalam kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru
telah mencapai kategori melaksanakan dengan sangat baik dan aktivitas siswa telah
mencapai kategori sangat aktif serta kemampuan membaca pemahaman telah
mencapai kategori siswa melaksanakan dengan sangat baik. Oleh karena itu, maka
guru disarankan untuk menerapkan model SQ3R, Scramble dan Talking Stick
karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.