Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL SQ3R, SCRAMBLE DAN TALKING STICK SISWA KELAS 4 SDN PELAMBUAN 2 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Noormila Sari
dc.date.accessioned 2023-02-23T16:36:35Z
dc.date.available 2023-02-23T16:36:35Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37562
dc.description.abstract Sari, Noormila. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Model SQ3R, Scramble dan Talking Stick Siswa Kelas 4 SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, SQ3R, Scramble, dan Talking Stick Rendahnya kemampuan membaca pemahaman muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku pada siswa kelas 4 SDN Pelambuan 2 Banjarmasin merupakan akibat dari permasalahan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang melatih kemampuan membaca pemahaman siswa, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu, penerapan model SQ3R, Scramble dan Talking Stick diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis peningkatan kemampuan membaca pemahaman muatan Bahasa Indonesia Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku menggunakan model SQ3R, Scramble dan Talking Stick pada siswa kelas 4 SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 4A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin dengan jumlah sebanyak 20 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Jenis data yang disajikan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 mengalami peningkatan. Pada aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 29 dengan kategori baik dan terus meningkat sampai pertemuan 4 dengan memperoleh skor 39 atau berada dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 mencapai 55?ngan kategori cukup aktif dan terus meningkat sampai pertemuan 4 menjadi 100% atau berada dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa pertemuan 1 secara individu atau klasikal mencapai 25?ngan kategori kurang baik dan terus meningkat sampai pertemuan 4 menjadi 90% atau berada dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru telah mencapai kategori melaksanakan dengan sangat baik dan aktivitas siswa telah mencapai kategori sangat aktif serta kemampuan membaca pemahaman telah mencapai kategori siswa melaksanakan dengan sangat baik. Oleh karena itu, maka guru disarankan untuk menerapkan model SQ3R, Scramble dan Talking Stick karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
dc.title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MODEL SQ3R, SCRAMBLE DAN TALKING STICK SISWA KELAS 4 SDN PELAMBUAN 2 BANJARMASIN


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account