dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui ketersediaan indikator kreativitas ilmiah pada buku ajar fisika SMA/MA Kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data diperoleh dari data primer dengan menganalisis semua halaman buku dan data sekunder berupa jurnal penelitian ilmiah terkait dengan aspek kreativitas ilmiah pada buku ajar fisika kelas X penerbit Marthen Kanginan tahun 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase indikator kreativitas ilmiah secara keseluruhan yang muncul pada buku ajar fisika untuk SMA/MA Kelas X penerbit Erlangga berdasarkan: (1) kategori menentukan kegunaan benda untuk tujuan ilmiah sebesar 14,49%; (2) kategori kepekaan terhadap masalah-masalah sains sebesar 15,94%; (3) kategori meningkatkan kegunaan produk secara teknis sebesar 15,22%; (4) kategori berimajinasi ilmiah sebesar 17,39%; (5) kategori memecahkan masalah sains secara kreatif sebesar 21,01%; (6) kategori perancangan eksperimen secara kreatif sebesar 8,70%; dan (7) kategori mendesain produk secara kreatif sebesar 7,25%. Diperoleh kesimpulan bahwa ketersediaan indikator kreativitas ilmiah pada buku ajar fisika SMA/MA Kelas X penerbit Erlangga sudah tercukupi namun memiliki persentase kemunculan antar indikator kreativitas ilmiah yang berbeda-beda. Kemunculan indikator kreativitas ilmiah dengan persentase tertinggi ada pada kategori memecahkan masalah sains secara kreatif. Sedangkan kemunculan indikator kreativitas ilmiah dengan persentase terendah ada pada kategori mendesain produk secara kreatif.
Kata kunci: Analisis Buku Ajar, Fisika, Kreativitas Ilmiah. |
|