Abstract:
Cahyani, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Make a Match dan
STAD (Student Teams Achivement Division) pada Muatan Ipa Materi
Sumber Daya Alam untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Keliling Benteng Ulu 2 Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Pembimbing Drs.Khairil Anwar, M.Pd.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV
SDN Keliling Benteng Ulu 2 Martapura yang berjumlah 15 orang siswa terdiri dari
6 orang siswa laki-laki dan orang 9 siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran
2021/2022. Data dianalisis secara kualitatif yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa dan
secara kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Adapun jenis data yang disajikan yaitu
data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi serta data hasil belajar
siswa yang didapat melalui tes individual. Indikator ketuntasan belajar ditetapkan
dengan 80% siswa mencapai KKM nilai ?70.
Permasalahan dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada
Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Pembelajaran dilaksanakan hanya menggunakan
metode penyampaian saja tanpa adanya demonstrasi, pembelajaran yang bersifat
satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara langsung sehingga siswa belum
mendapatkan pengalaman konkrit dalam pembelajaran. Maka solusi untuk
mengatasi masalah di atas adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan
model pembelajaran Make a Match dan STAD (Student Teams Achivement
Division). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas
siswa serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi
Sumber Daya Alam untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Keliling
Benteng Ulu 2 Martapura.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru yang memperoleh kriteria
sangat baik meningkat dari persentase 77% menjadi 97,91%. Aktivitas siswa yang
memperoleh kriteria sangat aktif meningkat dari persentase 53,33% menjadi 80%.
Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 46% menjadi 100%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match dan STAD (Student Teams Achivement
Division), Sumber Daya Alam.