Repo Mhs ULM

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IPA SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH DAN STAD PADA SISWA KELAS 4 SDN KELILING BENTENG ULU 2 MARTAPURA

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyani Wulandari Hadianti
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:21:26Z
dc.date.available 2023-02-23T17:21:26Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/37984
dc.description.abstract Cahyani, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Make a Match dan STAD (Student Teams Achivement Division) pada Muatan Ipa Materi Sumber Daya Alam untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Keliling Benteng Ulu 2 Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs.Khairil Anwar, M.Pd. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Keliling Benteng Ulu 2 Martapura yang berjumlah 15 orang siswa terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan orang 9 siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data dianalisis secara kualitatif yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa dan secara kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Adapun jenis data yang disajikan yaitu data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes individual. Indikator ketuntasan belajar ditetapkan dengan 80% siswa mencapai KKM nilai ?70. Permasalahan dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Pembelajaran dilaksanakan hanya menggunakan metode penyampaian saja tanpa adanya demonstrasi, pembelajaran yang bersifat satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara langsung sehingga siswa belum mendapatkan pengalaman konkrit dalam pembelajaran. Maka solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match dan STAD (Student Teams Achivement Division). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Keliling Benteng Ulu 2 Martapura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru yang memperoleh kriteria sangat baik meningkat dari persentase 77% menjadi 97,91%. Aktivitas siswa yang memperoleh kriteria sangat aktif meningkat dari persentase 53,33% menjadi 80%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari persentase 46% menjadi 100%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match dan STAD (Student Teams Achivement Division), Sumber Daya Alam.
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IPA SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH DAN STAD PADA SISWA KELAS 4 SDN KELILING BENTENG ULU 2 MARTAPURA


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account