Abstract:
Permasalahan yang terjadi di SDN Keliling Benteng Ulu 2 Kab. Banjar pada peserta
didik kelas V adalah peseta didik sulit belajar mandiri, daya nalar peserta didik kurang
berkembang dan aktivitas peserta didik kurang maksimal, dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Example Non Example. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik serta
menganalisis hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif
dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terlaksana dalam 4 kali pertemuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dianggap berhasil dengan
kategori “sangat baik” dengan persentase 93,75%, untuk aktivitas peserta didik secara klasikal
tergolong “sangat aktif” dengan persentase 90?n hasil belajar peserta didik secara klasikal
ketuntasan meningkat dengan persentase 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, dan Example
Non Example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.