Repo Mhs ULM

MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KOLABORATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RIANG PADA SISWA KELAS V SDN MALINTANG 2

Show simple item record

dc.contributor.author Noor Asiah
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:24:53Z
dc.date.available 2023-02-23T17:24:53Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38020
dc.description.abstract Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, kolaboratif dan hasil belajar. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa serta kurang memacu siswa untuk berpikir kritis dan berkolabotif. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif yaitu melalui penggunaan model pembelajaran RIANG (GRoup Investigation, Number HeAd Together dan TalkiNG Stick). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, kolaboratif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Malintang Kab. Banjar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Teknik pengumpulan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 58?ngan kriteria “cukup aktif” menjadi 100?ngan kriteria “sangat aktif”. Keterampilan Berpikir Kritis pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 42?ngan kriteria “sangat rendah” menjadi 92?ngan kriteria “sangat tinggi”. Keterampilan kolaboratif pada pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan dari 50?ngan kriteria “rendah” menjadi 100?ngan kriteria “sangat tinggi”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 58% siswa “tuntas” dan pertemuan IV mencapai 100% siswa “tuntas”. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model RIANG dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
dc.title MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, KOLABORATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RIANG PADA SISWA KELAS V SDN MALINTANG 2


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account