Repo Mhs ULM

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS STEM PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Nurannisa Fatona Sartimulya Hasanah
dc.date.accessioned 2023-02-23T17:25:48Z
dc.date.available 2023-02-23T17:25:48Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38028
dc.description.abstract Literasi sains merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan di abad 21, namun belum terdapat perangkat pembelajaran yang mendukung peningkatan literasi sains menyebabkan kemampuan literasi sains peserta didik menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM pada materi gelombang mekanik yang layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, materi ajar, LKPD dan LP literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dan menggunakan desain uji coba one group pre-test and post-test pada 27 peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 3 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM termasuk valid, karena RPP, materi ajar, LKPD dan LP literasi sains dalam kriteria valid serta termasuk efektif, karena nilai N-Gain literasi sains sebesar 0,53 yang menunjukan peningkatan dalam kriteria sedang. Dengan demikian perangkat pembelajaran kooperatif berbasis STEM yang dikembangkan layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Kata Kunci: Gelombang mekanik; literasi sains; pembelajaran kooperatif; STEM
dc.title PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS STEM PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account