Repo Mhs ULM

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Semester Ganjil

Show simple item record

dc.contributor.author Nasdianur Irawan
dc.date.accessioned 2023-06-08T13:50:08Z
dc.date.available 2023-06-08T13:50:08Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38244
dc.description.abstract ABSTRAK Nasdianur Irawan, 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Semester Ganjil. Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd dan (II) Prof. Dr. Hj. Atiek Winarti, M.Pd., M.Sc Keterampilan kognitif yang penting diperhatikan pada diri peserta didik adalah keterampilan berpikir kritis. Usaha yang dapat dilakukan dalam membangun keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah melalui proses pembelajaran, yang didukung oleh penggunaan bahan ajar inovatif seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan LKPD yang dikembangkan berbasis keterampilan berpikir kritis pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Semester Ganjil. Tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan. Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk uji validitas, 3 peserta didik untuk uji perorangan, 7 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 25 peserta didik untuk uji lapangan. Validitas, kepraktisan, dan keefektifan LKPD dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan validitas LKPD mendapatkan nilai rata-rata dengan kategori sangat valid dan uji perorangan mendapatkan nilai rata-rata dengan kategori sangat baik. Kepraktisan harapan dan aktual LKPD masing-masing mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik. Keterlaksanaan harapan dan aktual masing-masing mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik. LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan dengan kriteria efektif Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain 0,53 sehingga diperoleh kategori N-Gain sedang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi pelajaran Biologi kelas XI yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Validitas, Kepraktisan, Keefektifan, dan LKPD.
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Semester Ganjil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account