Abstract:
Abstrak
Hairunnisa. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Topik Biologi Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis untuk Kelas VII SMP. Pembimbing: Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M.Pd. Dr. Ir. Badruzsaufari, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid, praktis, dan efektif dengan desain penelitian yang digunakan adalah educational design research (EDR). Metode penelitian yang digunakan yaitu desain Tessmer meliputi tahapan melalui evaluasi diri, validasi ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji validitas adalah teridri atas tiga pakar pendidikan
IPA dan dua praktisi. Subjek uji perorangan adalah tiga peserta didik, subjek uji kelompok kecil adalah sembilan peserta didik, dan subjek uji coba lapangan adalah tiga puluh dua peserta didik kelas VII SMPN 12 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD memperoleh nilai validitas sebesar 3,63 dengan kategori valid, kepraktisan isi memperoleh nilai 95,99 dengan kategori sangat baik, kepraktisan harapan memperoleh nilai 95,90 dengan kategori sangat baik, kepraktisan aktual memperoleh nilai 96,06 dengan katagori sangat baik, keefektifan harapan dan aktual dalam kategori baik (meliputi memberikan penjelasan lanjut dan mengatur strategi) dan kategori sangat baik (meliputi memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar dan menyimpulkan). Oleh karena itu, LKPD ini dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik VII SMP.
Kata kunci: Klasifikasi makhluk hidup, LKPD, keterampilan berpikir kritis