Abstract:
Sri Siswa Herawati. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Topik Biologi Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP KELAS VIII. Pembimbing : 1. Dr. Suyidno, M.Pd.; 2. Dr. Suryajaya, M.Sc. Tech
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi abad ke-21,
namun keterampilan tersebut kurang dilatihkan dengan baik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD materi Biologi yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Desain penelitian menggunakan evaluasi formatif dengan model Tessmer meliputi self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group dan field test. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi handout, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes berpikir kritis.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD termasuk valid, karena rerata hasil validasi LKPD sebesar 4,03 dalam kriteria sangat valid; (2) LKPD termasuk praktis, karena keterbacaan isi dan keterlaksanaan LKPD dalam kriteria baik, serta 97% peserta didik memberikan respon positif; dan (3) LKPD termasuk efektif, karena nilai indikator berpikir kritis untuk interpretasi (92,0) analisis (98,5), inferensi (91,65), dan eksplanasi (90,5) dalam kriteria sangat baik, sementara evaluasi (98,21) dan pengaturan diri (61,67) dalam kriteria baik. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Biologi, LKPD, keterampilan berpikir kritis.