Repo Mhs ULM

Pengembangan Modul Tekanan Zat Bermuatan Authentic Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Show simple item record

dc.contributor.author Zakiah Arsyad
dc.date.accessioned 2023-06-08T14:26:30Z
dc.date.available 2023-06-08T14:26:30Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38533
dc.description.abstract ABSTRAK Zakiah Arsyad. 2022. Pengembangan Modul Tekanan Zat Bermuatan Authentic Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Tesis. Megister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Uripto Trisno Santoso, S.Si., M.Si. (II) Dr. Mustika Wati, M.Sc. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik adalah kurang tersedianya bahan ajar yang memadai untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah khususnya pada materi tekanan zat. Beberapa peneliti menunjukkan bahwa Authentic Learning dapat meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan modul tekanan zat bermuatan Authentic Learning yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi menjadi 3-D (Define, Design, Develop), di mana uji coba kelas menggunakan one group pre-test and post-test design. Subjek uji coba adalah 28 peserta didik kelas VIII F SMPN 31 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen lembar validasi modul, keterlaksanaan RPP dan tes keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul termasuk valid karena pada aspek format, bahasa, isi, penyajian dan manfaat modul memenuhi kategori sangat valid, (2) modul termasuk praktis karena komponen RPP dapat terlaksana dengan kategori sangat baik, (3) modul termasuk efektif karena hasil n-gain sebesar 0,81 berkategori tinggi berarti ada peningkatan keterampilan pemecahan masalah secara signifikan. Selain itu, keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, modul tekanan zat bermuatan Authentic Learning adalah layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci: Authentic Learning, keterampilan pemecahan masalah, modul tekanan zat
dc.title Pengembangan Modul Tekanan Zat Bermuatan Authentic Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account