dc.description.abstract |
ABSTRAK
Rusiyana, 1910411120006. (2023). “Kinerja Aparatur Sipil Negara Dalam Melayani Masyarakat Di Kantor Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin”. Di Bawah Bimbingan Trisylvana Azwari.
Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin memberikan tiga belas jenis pelayanan dengan jumlah 35 RT. Masyarakat yang tinggal di Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin ada sekitar 16.464 pada tahun 2021 yang mana itu berbanding terbalik dengan jumlah aparatur sipil negara yang memberikan pelayanan di kantor berjumlah 8 orang. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat di kantor Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor penghambat kinerja aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat di kantor Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang didapat berasal dari sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat di kantor Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin dilihat dari SOP pada penerimaan dan pemeriksaan berkas menunjukkan hasil yang kurang baik, selain itu pada saat pembuatan surat sampai dengan pembuhuhan cap stempel hasilnya baik. Kemudian, kinerja aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat di kantor Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin diukur dengan indikator kinerja Mathis dan Jackson pada dimensi kualitas kerja dan kerja sama sudah berjalan dengan baik. Namun, pada dimensi kuantitas kerja, pemanfaatan waktu dan tingkat kehadiran masih dikatakan kurang baik. Faktor penghambat yang ditemukan diantaranya sumber daya manusia yang terbatas, sarana dan prasarana, serta rendahnya disiplin kerja.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pada alur pelaksanaan SOP dapat dikatakan baik. Kemudian, pada hasil penelitian yang diukur menggunakan indikator kinerja Mathis dan Jackson menunjukkan hasil kinerja yang kurang baik. Saran dalam penelitian ini yaitu peneliti menyarankan untuk meningkatkan kinerja aparatur sipil negara dalam melayani masyarakat di kantor Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin dapat dilakukan penambahan sumber daya manusia, fasilitas pendukung dan sanksi terhadap aparatur yang tidak disiplin kerja.
Kata Kunci : Kinerja, Aparatur sipil negara, Pelayanan, Kantor Kelurahan Pemurus Baru Kota Banjarmasin |
|