Abstract:
Dr. Suryajaya, S. Si, M.Sc.Tech, (II) Dr. Syahmani, M.Si.
Pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis literasi numerasi yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Desain penelitian dan pengembangan menggunakan model Tessmer. Uji validasi dilakukan pada tiga orang ahli dan dua orang praktisi pendidikan. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada peserta didik kelas VII C berjumlah 10 orang di SMP Negeri 1 Tanjung dan uji lapangan dilakukan pada kelas yang berbeda yakni kelas VII A berjumlah 17 orang di SMP Negeri 1 Tanjung. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan e-LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD terkategori sangat valid ditinjau dari aspek kelayakan isi, kebahasaan dan komponen, penyajian dan aspek kegrafisan. E-LKPD berbasis literasi numerasi termasuk praktis dilihat dari uji keterbacaan, uji kelompok kecil maupun uji lapangan. E-LKPD berbasis literasi numerasi terkategori efektif dimana capaian N-gain berpikir kritis pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar dalam kategori sedang. Hasil uji independent sample t test dengan signifikansi lebih dari 0,05 didapatkan kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara kedua kelas yang menggunakan e-LKPD berbasis literasi numerasi. Dengan demikian e-LKPD yang dikembangkan termasuk layak untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Kata kunci : e-LKPD,literasi numerasi, pemanasan global, keterampilan berpikir kritis