Repo Mhs ULM

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PADA DPRD PROVINSI KALIMANTAN SELATAN PERIODE TAHUN 2019-2024)

Show simple item record

dc.contributor.author M. Khaidir Rahmatullah
dc.date.accessioned 2023-06-08T15:02:28Z
dc.date.available 2023-06-08T15:02:28Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/38844
dc.description.abstract M. Khaidir Rahmatullah, (2022) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus Pada DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Periode Tahun 2019-2024)”. Pembimbing I : Dr. Syaiful Hifni, Drs, Ec, M. Si, Ak, CA. Pembimbing II : Dr. Kadir, Drs, M.Si, Ak, CA. Penelitian ini di latar belakangi keinginan peneliti untuk mengetahui penyebab terjadinya kelemahan dalam pengawasan keuangan daerah dari aspek lembaga legislatif. Untuk menjawab hal tersebut dilakukan pengujian terhadap faktor-faktor yang dinilai berpengaruh terhadap fungsi DPRD dalam melaksanakan pengawasan keuangan daerah melalui variabel pengetahuan dewan tentang anggaran, hak keuangan DPRD dan pemanfaatan sistem informasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggambarkan kondisi sebenarnya dari objek penelitian berdasarkan hasil pengumpulan data dari responden melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan periode tahun 2019-2024. Jumlah anggota DPRD yang menjadi sampel sebanyak 55 (lima puluh lima) orang. Metode penentuan sampel yaitu sampling jenuh. Alat analisis yang digunakan yaitu SPSS dan data diolah dengan menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan pengetahuan dewan tentang anggaran, hak keuangan DPRD dan pemanfaatan sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah yang dilaksanakan oleh DPRD. Secara parsial variabel pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, variabel hak keuangan DPRD berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah dan pemanfaatan sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah. Kata kunci : pengetahuan dewan tentang anggaran, hak keuangan DPRD, pemanfaatan sistem informasi, pengawasan keuangan daerah.
dc.title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH (STUDI KASUS PADA DPRD PROVINSI KALIMANTAN SELATAN PERIODE TAHUN 2019-2024)


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account