Repo Mhs ULM

META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK

Show simple item record

dc.contributor.author Rusmalini
dc.date.accessioned 2023-09-21T05:24:13Z
dc.date.available 2023-09-21T05:24:13Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39287
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model inquiry based learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau secara keseluruhan, jenjang pendidikan, topik fisika, dan jenis hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif terhadap jurnal nasional rentang tahun 2012 sampai dengan 2022. Penelitian ini menerapkan pembelajaran inquiry based learning dianalisis dengan teknik meta-analisis. Penelitian ini meliputi 36 studi primer yang menghasilkan 38 sub penelitian sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian yang dilakukan berpengaruh positif dan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan efek gabungan sebesar 1,097 dalam kategori besar. ES pada jenjang SMA/MA/SMK dalam kategori besar, sedangkan jenjang SMP/Mts dalam kategori besar. ES pada topik termodinamika, listrik, mekanika, dan lain-lain (tidak spesifik) dalam ketegori besar, sedangkan topik momentum dan impuls dalam kategori sedang. ES pada hasil belajar psikomotorik, afektif, dan kognitif dalam kategori besar.
dc.title META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account