dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model inquiry based learning terhadap hasil belajar siswa ditinjau secara keseluruhan, jenjang pendidikan, topik fisika, dan jenis hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif terhadap jurnal nasional rentang tahun 2012 sampai dengan 2022. Penelitian ini menerapkan pembelajaran inquiry based learning dianalisis dengan teknik meta-analisis. Penelitian ini meliputi 36 studi primer yang menghasilkan 38 sub penelitian sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan penelitian yang dilakukan berpengaruh positif dan efektif terhadap hasil belajar siswa dengan efek gabungan sebesar 1,097 dalam kategori besar. ES pada jenjang SMA/MA/SMK dalam kategori besar, sedangkan jenjang SMP/Mts dalam kategori besar. ES pada topik termodinamika, listrik, mekanika, dan lain-lain (tidak spesifik) dalam ketegori besar, sedangkan topik momentum dan impuls dalam kategori sedang. ES pada hasil belajar psikomotorik, afektif, dan kognitif dalam kategori besar. |
|