Repo Mhs ULM

Pengembangan E-modul IPA Berbasis Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Peserta Didik

Show simple item record

dc.contributor.author Nelly Rima Santeri
dc.date.accessioned 2023-09-21T06:15:20Z
dc.date.available 2023-09-21T06:15:20Z
dc.identifier.uri https://repo-mhs.ulm.ac.id//handle/123456789/39718
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meghasilkan e-modul IPA berbasis computational thinking yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, meliputi Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi e-modul, angket respon guru dan peserta didik, dan tes kemampuan berpikir logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas e-modul IPA berbasis computational thinking adalah 0,78 termasuk kategori validitas tinggi. Hasil kepraktisan dari angket respon guru 90,93?n respon peserta didik 85,68?ngan ketegori sangat praktis, hasil keefektifan kemampuan berpikir logis peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan meningkat, nilai N-gain pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan masing-masing 0,73 dan 0,77 dengan kategori tinggi. Dengan demikian e-modul IPA berbasis computational thinking yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dalam pembelajaran IPA. Kata kunci: berpikir logis, computational thinking, e-modul
dc.title Pengembangan E-modul IPA Berbasis Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Peserta Didik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account